AQUAPONIK: SOLUSI CERDAS UNTUK PANGAN LOKAL, RAMAH LINGKUNGAN, DAN MENGUNTUNGKAN

  • Aug 08, 2024
  • Ragatunjung Temp User

Paguyangan, 7 Agustus 2024 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto kembali memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Kali ini, mahasiswa KKN kelompok 187 melaksanakan program kerja unggulan berupa sosialisasi dan pelatihan Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) atau Aquaponik. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah Ibu Kenah, Dukuh Cibangkang, Desa Ragatunjung, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, tepat setelah pengajian rutin ibu-ibu.


Sosialisasi yang dipandu oleh Muhammad Naufal Adzikra dan Ragil Tri Andanu berlangsung dengan antusias. Para peserta, terutama ibu-ibu pengajian, sangat tertarik dengan konsep budidaya ikan dan tanaman secara bersamaan dalam satu sistem. Mahasiswa KKN secara detail menjelaskan tentang apa itu Budikdamber atau Aquaponik, bagaimana cara membuatnya, serta berbagai keuntungan yang bisa didapatkan.
"Budikdamber ini sangat menarik, kita bisa punya ikan dan sayuran sendiri di rumah. Selain itu, kan lebih sehat dan hemat," ujar Naufal, salah satu pemateri sosialisasi.
Dalam sosialisasi tersebut, mahasiswa KKN juga memberikan arahan mengenai persiapan yang diperlukan untuk memulai budidaya Aquaponik, seperti pemilihan wadah, jenis ikan dan tanaman yang cocok, serta cara perawatannya. Selain itu, mereka juga menjelaskan kelebihan dari sistem budidaya ini, antara lain:
• Efisiensi ruang: Budikdamber dapat dilakukan di lahan yang terbatas, bahkan di pekarangan rumah.
• Produktivitas tinggi: Sistem ini menghasilkan ikan dan sayuran secara terus-menerus.
• Ramah lingkungan: Tidak menggunakan pestisida kimia dan memanfaatkan limbah organik dari ikan sebagai pupuk tanaman.
• Menguntungkan: Hasil panen ikan dan sayuran dapat dikonsumsi sendiri atau dijual untuk menambah penghasilan keluarga.


Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, masyarakat, khususnya ibu-ibu, dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selain itu, diharapkan juga Budikdamber atau Aquaponik dapat menjadi solusi cerdas untuk pemenuhan pangan lokal yang sehat, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

 

Editor: Ana Fitrotun Nisa

#KKN54UINSAIZU #LPPMUINSAIZU #SAIZUMUDA #BUDIKDAMBER/AQUAPONIK